06 Januari 2014

Ronggowarsito dan Kejawen

Aku berasal dari orang tua yang berasal dari suku Jawa. Jadi aku membawa sebagian kebudayaan Jawa. Ada suatu latihan spiritualitas dengan suatu keindahan mistik dari kebudayaan ini yang bernama Kejawen. Kekayaan mistisme Jawa tak pernah lepas dari kesadaran spiritualku, seiring kuberlangganan agama Katolik Roma, membaca buku filsafat maupun Kitab Suci berbagai agama.

Suatu hal yang menarik dari kebudayaan Jawa, adalah pandangan mistik mengenai penis. Ada suatu misteri iman dalam penis yang bisa didalami. Spiritualitas penis ini bisa dibaca pada wejangan ke-6 Wirid Hidayat Jati dari Ronggowarsito.

***

Wejangan ke-6: Pambuka tata malige ing dalem betalmukadas
(Pembuka tahta dalam baitul muqaddas)
  • sajatine Ingsun anata malige ana sajroning betalmukadas,
    (sesungguhnya Aku/Allah/Tuhan bertahta dalam baitul muqaddas)
  • iku omah enggoning pasucenIngsun,
    (itu rumah tempat kesucian-Ku)
  • jumeneng ana ing kontholing adam.
    (berdiri di atas kontol/penis Adam)
  • Kang ana sajroning konthol iku prinsilan,
    (Yang ada dalam kontol/penis itu buah zakar/pelir/scrotum)
  • kang ana ing antaraning pringsilan ikku nutpah, yaiku mani
    (yang ada di antara pelir itu nutfah/pembawa-kehidupan, yaitu mani)
  • sajroning mani iku madi,
    (yang ada dalam mani itu madi/cakra-berbentuk-pembajak-sawah)
  • sajroning madi iku wadi
    (yang ada dalam madi itu wadi/ego)
  • sajroning wadi iku manikem
    (yang ada dalam wadi itu manikem/batu-mirah-delima/ruby/snake-stone/dragon-stone)
  • sajroning manikem iku rahsa,
    (yang ada dalam manikem itu rasa/esensi)
  • sajroning rahsa iku Ingsun.
    (yang ada dalam rasa itu Aku)
  • Ora ana pangeran anging Ingsun dat kang anglimputi ing kaanan jati,
    (Tiada Tuhan kecuali Aku, zat yang meliputi keberadaan sesungguhnya)
  • jumeneng sajroning nukat gaib,
    (yang berdiri dalam nukat/tulisan/pepatah/puisi-pendek gaib)
  • tumurun dadi johar awal
    (yang turun menjadi permata/johar awal)
  • ing kono wahananing alam akadiyat, wahdat, wakidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam insan kamil
    (di sana tempat alam akadiyat, wahdat, wakidiyat, alam arwah, alam misal, alam ajsam, alam insan kamil)
  • dadining manungsa sampurna yaiku sajatining sipatIngsun.
    (jadinya manusia sempurna yaitu sejatinya sifat-Ku)
Akadiyat berarti Ahadiyya dalam Bahasa Arab yang berarti tunggal atau Esa, yang menghapus segala keterbatasan atau "the essence of God that eliminate all limitation".
Wahdat artinya bersatu. Dalam sufisme dikenal Wahdatul Wujud atau Wahdat Al-Wujud atau "the oneness of being" atau "the oneness of existence".
Wakidiyat berarti Wahidiya yang berarti tunggal atau Esa, dengan menggabungkan semua nama Allah atau Asma'Ul Husna.
Alam arwah adalah dunia roh.
Alam misal berarti alam mimpi.
Alam ajsam berarti dunia tubuh dalam artian tubuh berdaging.
Alam insan kamil berarti dunia manusia yang telah mencapai kesempurnaan.

Penis atau kontol adalah bentuk tubuh/fisik luar.
Scrotum adalah bentuk tubuh/fisik dalam.
Mani membawa kehidupan. Sperma adalah benih kehidupan atau nutfah.
Madi adalah suatu cakra berbentuk pembajak sawah. Ini simbol pusaran energi kehidupan. Dalam Tantric, ada Chakra Swadhistana.
Wadi atau Vadi adalah ego atau diri. Ini berhubungan dengan suatu kesadaran kognitif.
Manikem adalah batu mirah atau batu merah delima pada naga atau ular. Naga atau ular adalah simbol dari chaos. Menguasai batu ini berarti penaklukan atas Chaos atau kekacauan.
Rasa bisa bermakna esensi dari keberadaan atau juga berarti emosi.

***

Video berikut menggambarkan mistisme Jawa dan di dalamnya ada makna spiritual penis dan vagina.


Silahkan baca tulisan berikut.

Memahami penis dengan kekayaan spiritual Jawa itu menarik. Dari sini, aku belajar bahwa pemujaanku terhadap penis dan baktiku terhadap vagina adalah bagian dari menjadi manusia yang sempurna (insan kamil). Di sini kan kutemukan kesejatianku. Aku adalah penis dan penis adalah aku. 

Bremen, 6 Januari 2014

Cipaku

Aku berasal dari Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Di sana, dikenal suatu daerah bernama Cipaku. Samar-samar yang kuingat kalau aku pernah berenang di kolam renang Cipaku.

Daerah Cipaku, memiliki akses air dalam tanah dan atas tanah (sungai). Air memiliki makna kehidupan bagi kebudayaan Sunda di daerah ini, bukan hanya ekologis melainkan juga spiritual.

Cipaku berasal dari kata "cai" yang berarti air dan "paku" yang berarti penis. Cipaku menjadi air penis. Dalam kebudayaan Sunda, mani atau air penis memiliki suatu makna spiritualitas, bukan hanya birahi. Mani ini mengandung sperma, yang menjadi asal semua manusia.

Sebagai orang yang dibesarkan bersama masyarakat Sunda, aku mendalami bahwa manusia harus menghormati aliran air. Jangan mengonsumsi air secara berlebihan. Berlakulah adil dalam membagi air. Jangan merusak air dengan kotoran. Air sungai hendaklah dihormati sebagai pemberi kehidupan, selayaknya air penis atau mani yang membawa kehidupan. Sesungguhnya kesadaran sosio-ekologis tak pernah terlepas dari kesadaran spiritual.

Untuk mendalami makna air dan penis pada Cipaku, silahkan mendalami aliran kepercayaan Kabuyutan Cipaku.


Aku takkan berhenti memuja penis dan berbakti kepada vagina.
I can't stop worshiping penis and devoting myself to vagina.

Bremen, 6 Januari 2014

iscab.saptocondro